Senin, 04 Januari 2010

sepenggal kisah keadilan

suatu saat ada seorang ibu mencuri susu di supermarket dengan harga sekalengnya 100ribu, karena persediaan susu di rumahnya telah habis.Sang ibu tertangkap dan diproses,.dalam proses peradilan sang ibu ditanya oleh seorang jaksa..

jaksa:kenapa dan untuk apa ibu mencuri?

ibu:karena anak saya butuh susu dan saya tidak punya uang untuk membelinya.

jaksa:kalau saudara di penjara siapa yang memberi susu pada anak saudara?

ibu:tidak ada, dan anak saya akan mati.

jaksa:klo begitu saudara kembali ke supermarket dan beri uang 100ribu.nanti bukti pembayarannya kasihkan ke saya.jadi saudara telah mengembalikan kerugian yang ditanggung supermarket.

ibu:tapi saya tidak punya uang lalu sang jaksa memberikan uang 100ribu kepada si ibu untuk mengganti kerugian dari supermarket.sang jaksa dengan kewenangannya memberhentikan penuntutan sang ibu...

ini sepenggal "kisah" untuk sedikit menggambarkan betapa hukum mempunyai sisi kemanusiaan yang juga tidak dapat dipisahkan dari nilai - nilai hukum.pertanyaannya adalah bagaimana jika sang jaksa jga tidak mempunyai uang 100ribu, kerena penghasilan dan kesejahteraannya kurang dipenuhi oleh pemerintah.reward dan punishment tidak dijalankan dengan semestinya..apakah dapat menghasilkan penegak hukum seperti sang jaksa diatas...

1 komentar: